Perencanaan Pergedungan

Image result for perencanaan pergedungan
Kegiatan perencanaan merupakan upaya yang dilakukan dengan cermat, hati-hati dan seksama dengan maksud hendak berusaha sejauh mungkin agar apa yang diangankan, diinginkan, dicapai atau dituju betul-betul dapat diwujudkan, dapat menjadi suatu kenyataan. Tindakan memilih atau menetapkan suatu gedung atau tempat tertentu untuk dijadikan kantor, erat kaitannya dengan tujuan organisasi kantor. Misalnya, organisasi yang bergerak dibidang niaga akan berbeda tujuan dengan organisasi yang bergerak dibidang sosial. Perencanaan pergedungan merupakan suatu proses menetapkan atau tindakan memilih suatu gedung atau tempat tertentu untuk dijadikan kantor yang berfungsi untuk kepentingan umum.

Ruang Lingkup Perencanaan Pergedungan 


  • Sarana Komunikasi Kantor

Sarana komunikasi kantor berfungsi sebagai faktor yang membuat hidup dan dinamis suatu kegiatan kantor, hal ini dapat disamakan bagai darah bagai tubuh. Komunikasi baik lisan ataupun tulisan, baik didalam maupun dengan pihak diluar kantor, sarananya dan aktifitasnya perlu direncanakan sesuai atau sepadan dengan tujuan yang hendak dicapai, sehingga bermanfaat bagi semua pihak yaitu pengusaha, pegawai dan pelanggan.
Sarana Komunikasi begitu pentingnya bagi kehidupan pekerjaan kantor, sehingga segala sesuatunya perlu direncanakan dengan seksama, agar fungsinya untuk melancarkan kegiatan organisasi disegenap bidang sungguh-sungguh dapat dipertanggung jawabkan.


  • Mesin atau Perlengkapan kantor 

Mesin atau perlengkapan kantor merupakan isi gedung atau tempat kerja serta berbagai fasilitas yang hendak dipergunakan se[erti perabot kantor, meja, kursi, penerangan, komputer, alat pendingin udara dan lain-lain juga perlu direncanakan sehingga sesuai dan memberi kenyamanan sebagai tempat kerja. Mesin atau perlengkapan tenpat kerja juga perlu memperhitungkan cara perawatannya, karena mesin dan perlengkapan dioperasikan, kemungkinan terjadinya kotor atau rusak dan lain-lain, merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari.


  • Tata ruang kantor

Tata ruang kantor merupakan tempat setiap personil untuk melakukan kegiatan, secra keseluruhan ataupun secara per bagian juga perlu direncanakan.


  • Lokasi kantor

Lokasi kantor merupakan salah satu faktor yang penting bagi kelancaran jalannya office work dan office duties. Bagi kantor-kantor pemerintah, kemudahan untuk memperoleh lokasi yang diinginkan itu dimungkinkan. karena pemerintah mempunyai kekuasaan untuk mendapatkan lokasi itu.
Prajudi Atmosudirdjo dalam suatu karyanya menyatakan, bahwa faktor-faktor yang perlu diperhatikan didalam memilih tempat atau menemukan lokasi kantor antara lain :

1. Faktor lingkungan tetangga
2. Faktor jarak kantor dengan bagian-bagian lain
3. Faktor harga atau sewa ruangan
4. Faktor jarak dengan Labour Market
5. Faktor jalan keluar masuk pegawai
6. Faktor keamanan

1 comments:

terimakasih gan artikelnya sangat membantu,,,,ane tunggu artikel-artikel berikutnya di website ini